Rabu, 26 Juni 2013

Nama adalah doa

Sama seperti calon orang tua yang lain, setelah memasuki bulan ke-7 kehamilan mulailah semua persiapan menyambut kehadiran sang buah hati. Sejujurnya, kami berdua bukan tipe orang yang percaya dengan mitos-mitos tanpa alasan logis yang jelas. Di masyarakat ada mitos bahwa baru boleh siap-siap nama dan perlengkapan bayi setelah kandungan berusia 7 bulan, menurut saya mitos ini dikarenakan di jaman dahulu saat alat USG masih belum banyak, boro-boro alat USG, jaman dahulu urusan kehamilan dan melahirkan berurusan dengan dukun bayi, sehingga jenis kelamin bayi lebih susah ditentukan, selain itu setelah 7 bulan, kondisi janin sudah kuat sehingga kalaupun harus dilahirkan kondisi bayi sudah cukup kuat. Kan sayang persiapan barang sudah banyak tapi tidak dapat digunakan karena jenis kelain tidak sesuai. Dasar saya narsis, karena nama kami berawalan huruf E, kami ingin juga memberi nama anak kami dengan awalan huruf E. Mulailah kami mencari nama bayi lakl-laki berawalan E. Tentu saja banyak sekali pilihan nama yang kami temukan di direktori nama. Tapi anehnya nama berawalan huruf E yang kami suka pelafalannya sulit untuk orang Indonesia dan justru banyak sekali nama indah berawalan huruf E untuk cewek. Singkat cerita, idealisme kami untuk membentuk keluarga E gagal dan akhirnya kami mencari nama dengan awalan huruf F, karena huruf F adalah huruf setelah huruf E. Dan pencarian dimulai, hampir setiap hari browsing nama dimulai mengumpulkan nama-nama yang kami suka. Karena kami katolik, kami mencari nama anak yang sekaligus adalah nama baptis, hal ini dari pengalaman kami sendiri karena nama baptis berbeda dengan nama akte sehingga nama kami menjadi sangat panjang. Dan tentunya kami tidak hanya mencari arti nama yang baik tetapi juga melihat apakah nama tersebut dapat digunakan sebagai nama baptis. Apalah arti sebuah nama? It means a lot. Nama adalah sebuah doa orang tua, dan tentunya karena nama adalah doa dari orang tua untuk buah hati tercinta, tentu doanya adalah yang baik-baik. Saya pribadi tidak menyesal memberi nama buah hati kami Felix Leonard Setiawan. Felix yang artinya diberkati Tuhan, beruntung, mengandalkan Tuhan, sedangkan Leonard adalah karena orangtuanya berbintang Leo, narsis wkwkwk, namun Leonard sendiri artinya memiliki keteguhan hati, seperti singa. Bulan-bulan awal kehadiran Felix di tengah keluarga kami sungguh merupakan berkat, dan Felix pun banyak diberkati misalnya : * saya melahirkan secara caesar, kata teman-teman bila caesar waktu pulih lebih lama dan sakit, but thanks God walaupun saya melahirkan secara caesar, walaupun saya seorang diri merawat Felix tanpa pembantu, suster, maupun mami dan mertua, saya diberi kekuatan oleh Tuhan untuk merawat Felix dan mengurus rumah tangga seorang diri * ASI adalah makanan bayi terbaik, tentunya karena memang Tuhan sudah menciptakan asi sebagai makanan bayi, dan hanya sangat sedikit ibu yang tidak dapat menyusui bayinya, jadi jangan khawatir tidak dapat memberi ASI, anda pasti bisa. Saya diberi semangat oleh teman-teman saya dan sekarang saya ingin menyemangati anda semua. Pada prinsipnya ASI diproduksi sesuai kebutuhan bayi, jadi seharusnya produksi ASI akan mencukupi kebutuhan bayi. Dan berkat Tuhan berawal dari seorang sahabat yang meminjami saya buku mengenai ASI yang sangat berguna juga ada sahabat yang memberi informasi cara agar ASI bisa keluar sebelum melahirkan, caranya dengan massage tiap kali mandi dan dikompres air hangat dan air biasa bergantian. Dengan pemberian ASI, selain lebih baik tentunya jauh lebih hemat dibandingkan dengan susu formula. Karena berkeinginan memberi ASI, apalagi saya melahirkan secara caesar, saya mengumpulkan botol U C 1000 untuk menyimpan ASI di freezer sebagai stok saat saya sudah kembali bekerja. Botol yang saya kumpulkan lumayan banyak padahal itu hasil sumbangan dari teman juga, dan tentunya termasuk kegiatan go green. Berkat berikutnya, mertua dan sahabat saya yang lain juga memberi botol untuk stok ASI. Berkat Tuhan tidak berhenti di sini, saat saya bingung ASI mau disimpan di mana lagi karena freezer saya sudah tidak cukup lagi, ada yang menawarkan freezernya untuk saya titipi ASI. Keren kan..... * karena ortu saya sudah meninggal, otomatis saya belajar seluk beluk merawat bayi sendiri, baik dari teman maupun buku, dan internet tentunya. Namun semua yang disediakan Tuhan luar biasa, ada saja orang yang dikirim Tuhan untuk membimbing saya. Tidak perlu khawatir, karena apapun yang terjadi Tuhan sudah mempersiapkan dan mencukupkan. * cuti saya 3 bulan benar-benar cepat berlalu. Saat Felix berusia 5 minggu kami mulai menggunakan jasa baby sitter dengan harapan sang nanny bisa menyesuaikan diri dengan kebiasaan anak, namun malah sebaliknya ada saja kejadian, malah Felix sering muntah karena nanny tidak paham bahwa anak ingin ditimang tidur bukan lapar. Malahan dengan jasa nanny Felix kecetit yang ketahuan waktu kami pijat bayi (inipun berkat Tuhan karena pijat bayi pertama saat kami ke Semarang untuk menghadiri pernikahan seorang sahabat. Memang nama adalah doa jadi pilihkan nama terbaik untuk anak Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar