Minggu, 17 Agustus 2014

Kepiting Saus Padang dan Kare Kepiting

Pas libur lebaran yang lalu beli kepiting telur di Superindo karena harganya tidak mahal. Saya hanya beli 4 ekor karena yang makan hanya Eko.

Lalu kepiting kami kukus untuk mematikan lalu kami masukkan lemari es sebelum dimasak, karena kebetulan masih ada masakan.

Saya pribadi malas makan kepiting karena ribet, enak sih memang tapi makannya lama. Saya tidak terlalu suka kepiting sejak ada Felix karena butuh praktis.

Dari aneka rasa olahan kepiting saya suka kare kepiting dan saus padang. Resep saus padang cari di internet dan saya sesuaikan dengan lidah saya, berikut resepnya. Rasanya tidak mengecewakan, sama kaya di resto-resto dan patut dicoba ulang. Bahkan eko suka dan memuji masakan saya.

KEPITING SAOS PADANG

Bahan-bahan:

  • 2 ekor kepiting
  • 4 sdm saus tiram
  • 4 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus sambal
  • 150 ml air 
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh penyedap rasa
  • 1/2 bawang bombay
  • 1sendok teh gula pasir
  • 1 ruas jahe digeprek
  • merica sedikit
  • 1 buah telur yg sudah di kosong lepas
Bumbu yg di haluskan:
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah kemiri
Cara membuat :
  • kukus kepiting sampai berubah warna orange lalu belah sesuai sisi dan bersihkan
  • Tumis bumbu  halus hingga harum,lalu masukan bawang bombay
  • Masukan kepiting dan semua sisa bumbu termasuk kocokan telur,masak hingga bumbu menyerap dan kental
Siap untuk di hidangkan


Kare Kepiting 


Kehilangan resep makanan yang biasa kita santap sejak kecil itu ngga enak banget. Bagi kebanyakan orang masakan mama adalah paling enak, bagaimana tidak, sedari kecil kita terbiasa makan masakan mama kita. Sayangnya mami saya meninggal sebelum saya sempat belajar semua resep masakan mami yang menurut saya super duper enak.

Di rumah saya kepiting atau rajungan biasa dimasak dengan santan, semacam kare dan untuk menghemat mami biasa menambah kentang goreng atau tahu goreng di dalamnya. Dan juga arang, dengan tujuan untuk menyerap racun, maklum saya lumayan sering keracunan aneka seafood dari ikan pindang sampai kepiting dan cumi. 

Bahan dan bumbu Kare Kepiting adalah sebagai berikut :
2 ekor kepiting, dikukus
2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
700 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 3/4 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir enak juga ditambah gula jawa
3 sendok makan minyak untuk menumis
1 cm jahe digeprek
2 cm lengkuas digeprek
5 lembar daun jeruk purut

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 butir kemiri, disangrai
2 cm kunyit
1 sendok teh ketumbar

Cara Masak :

  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun jeruk purut, jahe, lengkuas dan serai sampai harum.
  2. Masukkan santan, garam, dan gula pasir. Masak sampai mendidih.
  3. Tambahkan kepiting. Masak sampai matang dan kental. 
Bunbu kare ini kadang saya masak dengan ikan baracuda atau kakap putih yang sudah saya goreng setengah matang agar tidak hancur saat dimasak. 

1 komentar:

  1. Erma, biarpun belum sempat belajar banyak dari Mami mu, tapi masakanmu sudah sangat sangat kerennn... Kalo yang namanya bakat itu pasti gak kemana, ada aja caranya buat belajar dan hasilnya pasti oke..

    BalasHapus