Minggu, 06 Oktober 2013

Virus oh virus.....

Selasa minggu lalu, saat sedang latihan untuk acara gathering kantor tiba-tiba my hubby telpon memberi info bahwa si Felix suhu tubuhnya tinggi. Sebenarnya beritanya tidak terlalu mengagetkan karena sejak hari minggu suhu tubuhnya sudah hangat, bahkan senin malam dia sudah rewel, bahkan untuk menidurkannya kami harus mengajaknya keliling dengan mobil.

Rabu, seperti biasa Felix di daycare, dan tetap saja suhu tubuhnya tinggi, bahkan mencapai 38C. Sorenya kita bawa Felix periksa ke dokter umum langganan kami, dan info yang kami terima cukup membuat kaget; Felix didiagnosa terkena virus flu singapore, dan diberi obat. Memang di tangan ada beberapa bercak merah, dan jujur saja kamipun tidak memperhatikannya.

Hari kamis, suhu tubuh Felix belum turun juga, bahkan muncul bercak merah di seluruh tubuh, kita sebagai orang tua cukup bingung juga meski tidak sampai panik, obat turun panas kita berikan terus tapi suhu badan tetap tinggi, bahkan kita sampai konsultasi dokter by phone, dan jawaban dokternya "gak apa apa, itu normal :( ".

Jumat kita lalui dengan penuh kegalauan. bercak merah di tubuh Felix makin banyak, namun suhu tubuhnya mulai turun, dan Felix mulai mau makan dan minum lebih banyak dibanding hari senin sampai kamis. kita mau cari second opinion di dokter lain pada hari sabtu pagi ternyata dokternya praktek cuma malam hari. Akhirnya malam harinya kami ke dokter SA dekat rumah untuk konsultasi apakah benar memang kena flu singapura. Kalau menurut dokter SPA yang kami datangi sih Felix bukan kena flu singapore tetapi virus biasa. Dan justru fase kritisnya sudah lewat karena suhu tubuh sudah stabil (tidak panas lagi). Fase kritisnya adalah pada saat panas tinggi, karena bisa saja bayi step/kejang. Mendengar penjelasan dokter ini kami pun sangat luar biasa lega, terutama saya wkwkwkwk...

Untuk berbagi  berikut sedikit keterangan mengenai Flu singapura yang saya ambil dari http://apotekobat.wordpress.com/2013/07/01/pengobatan-flu-singapura/

Sekilas Tentang Penyakit Flu Singapura

Penyakit Flu Singapura atau biasa juga dikenal dengan nama Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) merupakan suatu penyakit akibat infeksi coxsackievirus yang disebabkan oleh virus RNA . Penyakit Flu Singapura ini banyak menyerang anak berusia di bawah sepuluh tahun . Itu sebabnya Flu Singapura identik dengan anak . Namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa tidak bisa terinfeksi Penyakit Flu Singapura ini .
Pengobatan Penyakit Flu Singapura
Penyakit Flu Singapura ini merupakan salah satu Penyakit yang sangat menular dan sering terjadi dalam musim panas  . Penularannya melalui kontak langsung dari orang ke orang yaitu melalui droplet, air liur, tinja, cairan dari vesikel atau ekskreta. Penularan kontak tidak langsung melalui barang-barang yang terkontaminasi oleh sekresi itu. Tak ada vaktor tapi ada pembawa seperti lalat dan kecoa. Masa inkubasinya sekitar 2-5 hari , Sementara untuk waktu terekspos sampai terkena penyakit 3-7 hari.

Gejala Penyakit Flu Singapura

  1. Demam tidak tinggi 2-3 hari
  2. Sakit leher (pharingitis)
  3. Pengobatan Penyakit Flu SingapuraNafsu makan hilang
  4. Pilek berkepanjangan
  5. Ruam (kulit melepuh merah) di sekitar tangan, kaki, dan mulut
Apabila sudah terlalu parah, penderita Flu Singapura akan mengalami:
  1. Muntah dan diare yang menyebabkan dehidrasi
  2. Demam tinggi lebih dari 38 derajat Celsius selama lebih dari 2 hari
  3. Sariawan, sesak napas, dan kejang-kejang
Ketika penderita sudah mengalami gejala Flu Singapura yang parah , sebaiknya segera obati dengan pengobatan yang tepat karena virus ini bisa menyebabkan kematian. Kenali gejala Flu Singapura sebelum terlambat.


1 komentar: