Selasa, 29 Juli 2014

He is 1,5 years old now :)

Tampaknya waktu benar-benar menjadi sangat berharga saat ini. Tampaknya hari ke hari bahkan pergantian bulan begitu cepat rasanya.

posenya saat tidur, "an angel from heaven for me"

Akhir-akhir ini Felix lagi suka bobo bersama saya, biasanya papinya yang menidurkannya. Saat memandangnya tertidur saya kembali melihat karya ajaib Tuhan dalam hidup saya. Dan dalam tidurnya saya melihat betapa Felix sudah banyak bertumbuh (lahir berat 3,3 kg dan panjang 48 cm, saat ini berat 12,5 kg dan tinggi 80 cm). Dulu dia bayi yang sangat tergantung pada orang lain, dan sekarang sudah bertumbuh menjadi anak-anak dan kelak akan menjadi pribadi dewasa.

Pencapaian Felix di usia 1,5 tahun:
  • Total gigi ada 10 buah, sejak 10 bulan giginya sudah ada 8 buah (4 di atas dan 4 di bawah) dan baru tumbuh lagi beberapa waktu ini. Ada 2 tambahan gigi yang baru muncul yaitu 1 di geraham atas kanan dan 1 lagi di geraham kiri atas. Dan seperti anak lain saat proses tumbuhnya gigi, Felix agak malas makan, badan agak panas dan sedikit batuk pilek.
  • Sudah punya keinginan sendiri. Bila ditanya apa mau makan sudah bisa jawab, bila lapar maka Felix akan jawab "iya". Lucunya lagi  saat beberapa waktu lalu saya ke Batu, sebelumnya saya tanya apa Felix mau ke Batu? dijawab "iya", dan dia cukup konsisten pada saat saya menanyakan pertanyaan yang sama di kesempatan yang berbeda (http://ermamons.blogspot.com/2014/07/jalan-jalan-ke-kota-apel-batu.html.) Kalau pas lauk yang saya masak ngga suka bisa bilang "ngga mau" sambil geleng-geleng kepalanya.
  • Sudah bisa sandiwara. Sama seperti anak lain, Felix sudah bisa manja-manja dan merengek untuk mendapatkan yang diinginkan. Pernah suatu ketika saya melarang Felix main karena sudah malam dan dia merengek minta ijin, sambil menghadap kaca yang ada di kamar dia mewek (sambil menghadap kaca melihat wajahnya sendiri). Lalu saya bilang "ngapain action gitu", trus berhenti meweknya ganti manja-manja. Pada saat dia mewek bisa kluar air mata lho. Saya juga heran kok bisa anak segitu sudah bisa action dan paham saat saya menyatakan bahwa saya tau kalau dia action. 
  • Sudah bisa berlari, kemampuan ini membuat kami harus ekstra hati-hati, karena bagaimanapun Felix masih belum genap 2 tahun sehingga keseimbangannya masih belum sempurna sehingga masih sering jatuh.
  • Suka bermain. Tampaknya usia sekian sudah mengerti mainan, bila ke mall dan pas melewati tempat bermain pasti sudah tunjuk dan minta main. Memang sementara masih main di mainan yang ada musik sambil bergerak-gerak tapi dia bisa minta mainan yang sama berulang kali. Pernah suatu ketika kami pas ke toko perlengkapan bayi yang menjual mainan, langsung aja Felix tunjuk dan bilang "main", mbaknya langsung datang mau ambilkan mainan yang ditunjuk. Dan kalau sudah main agak ngga bisa berhenti walau sudah lapar, ngantuk dan capek, sampai kalau jalan miring-miring mau jatuh. Sementara mainan kesukaannya adalah mobil, begitu lihat mobil langsung bilang "mbil" sambil menunjuk.
  • Sudah mulai suka baca, walaupun belum bisa baca, saat malam hari sebelum tidur saya ajak baca alkitab anak-anak bergambar, walaupun saat dibacakan kurang suka, yang disukai adalah lihat gambar-gambarnya, jadi saya biasanya bukan membacakan tetapi menceritakan gambarnya. Sudah saatnya beli buku cerita bergambar. Namun beberapa kali buku ceritanya disobek :(
  • Sudah mulai suka coret-coret korbannya antara lain sofa di rumah dan tangannya sendiri. Kalau diajak menulis langsung datang tapi kalau diajari menggambar ngga mau juga....
  • sudah bisa berhitung 1-5 baik versi inggris maupun bahasa indonesia, juga warna merah dan biru. 
  • sudah kreatif pola berpikirnya, kalau dimarah maminya lari ke papi tapi kalau dimarah papi lari ke mami. Kalau mau main ke papi tapi kalau makan dan bobo ke mami. Kalau merasa terpojok cara melepaskan diri dengan merengek atau menggigit.
  • sudah bisa merangkai 2-3 kata sederhana seperti "ngga mau", "yik (baca Felix) mau maem", :mau mnum (baca minum)"
Time flows so fast and i found my baby already grow up now, but you are still my beloved baby boy :) Awaiting time to see you goes to school.




                                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar