Rabu, 05 November 2014

20 month old boy

Bulan oktober ini usia Felix 20 bulan, Tak terasa betapa cepat waktu berlalu, melihat perkembangannya baik Fisik maupun kemampuan lainnya. Yang jelas tampak adalah beberapa ciri berikut:

  • Sudah mengenal tempat. Dekat tempat kami tinggal ada 2 pilihan supermarket, Giant dan Superindo, kalau kami belanja buah dan sayur seringkali kami ke Superindo. Di sana ada menjual ikan gurami hidup dan ini sebenarnya adalah salah satu trik agar ikan tetap segar, tetapi dari sisi lain ternyata bisa juga jadi hiburan dan pembelajaran anak termasuk Felix. Tanpa disangka saat kami melewati Superindo langsung saja Felix menunjuk toko dan bilang "fish", maksudnya di situ ada ikan, karena biasanya agar tidak rewel Felix kami ajak lihat ikan, Selain itu bila lewat toko roti kesukaannya langsung aja tunjuk dan bilang kue. Yang lebih mengejutkan lagi Felix sudah tahu arah pulang ke rumah, bila sudah masuk kompleks, dia sudah bisa tunjuk arah dan bilang kanan, lalu bilang sampek bila sudah di depan rumah sambil manggil momo, anjing peliharaan kami. Menurut saya kemampuannya sudah cukup luar biasa untuk anak 20 bulan, Good job my boy.
  • sudah punya keinginan pribadi. Kalau sudah punya keinginan maunya harus dituruti, kalau tidak bisa gulung-gulung di lantai. Ini adalah tantangan buat kami agar Felix tidak dibiasakan semua yang diminta dituruti tetapi juga tidak kekurangan perhatian. Sudah mulai suka main dan sulit berhenti main walaupun ngantuk berat.
  • pandai menirukan. Bila ada ekspresi lucu seringkali ditirukan seperti suara mendengkur, ada ekspresi ketawa,  suara keras tabrakan, dll. Ini artinya orang tuanya juga harus mulai hati-hati dalam berekspresi. Termasuk juga mulai banyak menirukan kata baru. 
  • suka marah dan sulit mengatur emosi. Ini dia, kalau marah mulai suka pukul. Terutama bila dipaksa, memang sedari kecil saya berusaha untuk tidak memaksa Felix, tetapi kami berusaha mengarahkan ke hal lain yang lebih baik.
  • suka banget main mobil-mobilan bahkan mengalahkan bola. Tepatnya suka semua yang bermotor mobil, sepeda motor dan pesawat terbang. Karena kami tinggal dekat bandara seringkali terdengar suara pesawat yang mendarat ataupun tinggal landas, dan baru saya sadari ternyata semakin sering. pernah saya hitung dalam 1 menit ada 3 pesawat. Kalau Felix dengar suara pesawat langsung saja dia bilang "bang bang", pesawat terbang maksudnya.
  • mulai mandiri, bila makan dia bilang "taruh" maksudnya piring dan sendoknya diminta diletakkan didepannya untuk makan sendiri, sama halnya dengan bila mandi, inginnnya mandi sendiri, sabunan sendiri, bahkan jalanpun seringkali tidak mau dituntun.
  • Sudah pandai merasakan makanan enak. Kalau makanannya tidak enak, hambar, maupun Felix tidak suka langsung saja dia bilang ga mau. Tapi bila suka langsung saja dia bilang enak. Salah satu makanan favorit Felix adalah mie.  Begitu menu makannya mie langsung semangat makan Dan bisa habis banyak, apalagi bila makan dengan sumpit.
  • Sudah tahu nama Mami papinya, juga nama perumahan Dan kompleksnya. Sudah visa mengurutkan 1-10 dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris, walaupun kadang masih dilompati. Sudah mulai suka menyanyi dan mulai bisa menyanyi naik-naik ke puncak Gunung, Dari terbit matahari, cicak Di dinding, burung kakak Tua,dll.

Sungguh tidak terasa 20 bulan sudah berlalu rasanya masih ingin menikmati masa kecil nya. Kini Felix sudah menjadi anak-anak. Semoga kau tumbuh Dan berkembang dengan baik menjadi pribadi yang luar bisa di kemudian hari.



Ini Foto saat mau berangkat pagi hari


2 komentar:

  1. Nggak kerasa ya? Apalagi kalo niatnya nggak nambah anak, liat anak cepet gede malah melo :p

    BalasHapus
  2. pengen asline Pat nambah, tapi ya dilihat dulu ke depannya secara kesiapan mental dan finansial, kan ngga gampang juga mengatur semua dari awal dan adaptasi lagi.
    Mungkin orang tua kita juga gitu makanya masih terlalu khawatir walau anak juga sudah besar dan dewasa.

    BalasHapus