Sabtu, 13 Juni 2015

Sup ayam kembang tahu

Entah kenapa beberapa minggu ini agak suntuk dan sedang ingin menyendiri. Dan sejak punya anak salah satu kegiatan “me time” saya adalah pada saat saya seorang diri (yang lain tidur) dan saya sibuk di dapur dan sembari menunggu masakan atau kue saya matang dan siap dimakan saya bisa melamun, marah dll. Aktivitas lain saat suntuk adalah makannnnnn dan tentunya berat badan saya semakin banyak (tidak patut ditiru ataupun dibanggapan).

Dalam kurun beberapa minggu ini saya banyak masak dan buat kue yang saya suka, tentunya resep akan saya posting sedikit demi sedikit ya. Harap sabar ya, pasti saya akan mulai posting berbagai resep favorit saya.

Sup ayam kembang tahu ini adalah salah satu resep olahan ayam yang cukup saya suka, rasanya ringan, sehingga menonjolkan rasa asli dari ayamnya, segar dan nikmat sekali disantap saat hawa dingin. Sebenarnya ini bukan resep asli keluarga saya, tetapi dari keluarga om saya, dan saya jadi menyukainya. Selain membuatnya mudah, saya yakin semua orang bisa membuatnya dan rasanya enak sekali, mau dimakan dengan nasi maupun tanpa nasi tetap saja enak.

Langsung aja ke TKP yuk


Bahan:
1 ekor ayam kampung (rasa akan jauh lebih nikmat dengan ayam kampung karena lebih gurih, atau bisa juga dengan ayam pejantan)
50 gr jamur kuping
1 bungkus kembang tahu, potong sesuai selera
5 buah wortel (untuk serat)
50 gr soun RRT
5 siung bawang putih
2-3 buah bawang prei / bawang daun
1 sdt garam
1sdt gula
½ sdt merica (bisa juga diganti seruas jahe bila tidak mengkonsumsi merica untuk anak-anak)
1 sdm kecap asin

Cara membuat:

  1. rebus ayam kampung yang sudah dicuci bersih dan dipotong (minimal 10 menit mendidih), saya tidak menggunakan hati dan ampelanya.
  2. siram kembang tahu, jamur kuping, dan  soun RRT dengan air mendidih hingga kembang. Bila jamur kuping terlalu besar bisa dipotong potong
  3. tumis bawang putih yang sudah dicincang halus dan bawang prei yang dipotong serong masukkan dalam rebusan ayam sambil direbus masukkan bahan dan semua bumbu, biarkan mendidih selama kira-kira 10 menit (lebih enak dengan api kecil) dan cicipi
  4. siap dihidangkan


1 komentar:

  1. Hai Ma...hahaha aku mau komentar pada paragraph pertamamu aja :D
    Emang sejak punya anak susah banget ya buat me time. Aku dulu pas blm merit suka pergi2 sendiri sepulang kantor naik motor: ke toko buku, renang, gua Maria, etc. Sekarang mana bisaaaa hihihi...

    BalasHapus