Selasa, 29 September 2015

New Pet for Felix

Agustus yang lalu ada sedikit rejeki tambahan dan saya yang sudah lama ingin pelihara ikan di rumah, nekat aja beli aquarium kecil di rumah. Pulang jemput Felix hari Sabtu langsung ke toko aquarium dekat rumah dan beli aquarium kecil dan beberapa ekor ikan.

Saya pribadi dari kecil sudah biasa punya banyak peliharaan di rumah. Beberapa hewan peliharaan di rumah saya semasa saya kecil yaitu: ayam, burung hias seperti parkit, burung puyuh, burung beo, burung kicau seperti perkutut, ikan di kolam dan ikan di aquarium, kelinci, marmut, kura-kura, anjing. Jadi saya sudah terbiasa dengan binatang peliharaan.

Kami memang memelihara anjing sejak mami saya meninggal 4 tahun lalu, anjing mini pincer yang diberi nama Lassie saya bawa dari Probolinggo dan karena pergaulan bebas punya anak, salah satunya anjing jantan Momo yang kami pelihara. Lassi si  induk dengan terpaksa diadopsi oleh mama teman karena pada usia kehamilan 4 bulan saya pendarahan dan memang mengurangi kontak dengan anjing, saya juga tidak tahu bagaimana kabarnya si Lassie, kadang kangen juga. Momo juga sempat diadopsi tapi hanya bertahan semalam karena menggonggong terus dan tetangga adopter terganggu sehingga Momo dipulangkan dan sampai sekarang masih kami pelihara.

Felix sendiri lumayan sayang dengan Momo dan mulai mau terlibat dalam pemeliharaan Momo seperti membelai (disayang), memberi makan/snack dan ajak bermain , walaupun kadang usil, misal dipukul, ekor dipegang dll.

Sebenarnya tahun lalu saat ada Animal Day di daycare di mana setiap anak harus membawa binatang peliharaan, Felix saya bawakan Ikan, tetapi karena kami ke luar kota sehingga ikan kami sumbangkan ke teman.

Singkat cerita saat ini kami pelihara ikan lagi, beli perlengkapannya juga nyicil. Awal sempat setiap hari ada ikan yang mati, lalu beli ikan lagi supaya penuh dan mati lagi.

bangun tidur langsung ke TKP
Dari awal memutuskan memelihara ikan, saya sudah menegaskan bahwa Felix yang bertanggung jawab memberi makan ikan saat pagi dan sore hari. Awal-awal pemeliharaan setiap hari sebangun tidur langsung mau lihat ikan, dengan wajah serius. Beberapa kali juga suapin Felix di depan aquarium. Memelihara ikan adalah peliharaan paling sederhana, murah, mudah, dan yang pasti kami mau mengajarkan Felix tanggung jawab.

Banyak informasi yang saya terima bahwa adanya binatang peliharaan di rumah cukup banyak manfaatnya seperti:
*Anak belajar bertanggung jawab terhadap binatang peliharaan
*Anak belajar mencintai makluk ciptaan Tuhan
*Anak belajar mengasihi tanpa syarat, karena memang kasih yang tulus dan tidak mengharap balas budi

Dan pastinya banyak juga manfaat lain, jadi jangan ragu untuk memiliki hewan peliharaan, apa yang akan dipelihara disesuaikan dengan hobby, budget, lingkungan, dan pertimbangan lain seperti kesehatan dan norma agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar