Minggu, 10 April 2016

Bistik daging

Ini juga salah satu makanan favorit saya, saya memang pecinta daging (meatlover), wkwkwkw. Tiap kali mami saya masak bistik saya pasti awalnya hanya makan nasi dengan kuahnya dan setelah selesai makan baru terakhir makan bistik komplitnya lengkap dengan dagingnya. Enak banget kalo makan bistik sat sore-sore sambil nonton TV dan ngobrol-ngobrol. Saya bisa habis 2 piring nasi kalau makan bistik, lupa daratan

Bahan:
2 siung bawang  putih
½ kg daging sapi lulur dalam (bila menggunakan bagian lain hasilnya kurang lembut)
½ kg tomat cuci bersih, potong jadi 8 direbus hingga lumat dan setelah dingin bisa diblender dan disaring, diambil sarinya saja
5 sdm saus tomat
4 sdm gula
2 sdt garam
6 sdm kecap manis
¼ sdt merica bubuk
1 sdm tepung maizena yang dilarutkan dengan 3 sdm air (saya biasa skip karena hubby tidak suka yang kental)
½ sdt pala bubuk

Cara membuat:
  1. bawang putih diulek hingga halus tambahkan kecap manis, merica dan pala
  2. daging dicuci bersih, lalu keringkan dengan tissue dapur agar kering lalu tusuk-tusuk dengan garpu (hasil lebih enak) atau dengan alat/palu untuk bistik sampai daging lembut
  3. masukkan daging ke bumbu kecap tadi dan diamkan +/- 30 menit
  4. didihkan 1,5 liter air dan masukkan daging yang sudah direndam bersama semua bumbunya biarkan mendidih selama 15 menit agar empuk
  5. masukkan sari tomat dan bumbu lain
  6. cicipin bila sudah OK bisa ditambahkan maizena dan siap dihidangkan

Bahan pelengkap:
    • ½ kg wortel potong korek api ukuran 3*0.5*0.5cm rebus
    • ¼ kg baby buncis potong @3 cm rebus
    • 4 butir telur rebus
    • Selada segar
    • ½ kg Kentang bisa  di goreng bentuk French fries atau dibuat keripik kentang (kalau saya suka yang keripik kentang), sehingga waktu makan terasa berbagai tekstur, atau mau dibuat mashed potato juga bisa
    • Mentimun segar potong kotak-kotak tipis


lebih nikmat bila dimakan keesokan harinya karena semakin kental dan meresap, membayangkan saja sudah menetes air liur saya, wkwkwkw.

3 komentar: