Selasa, 06 September 2016

Bakmoy ayam yang hangat dan segar

Awal September ini ada kejadian hubby sakit types (again….), terakhir sakit types di 2008, teringat saat itu pagi sebelum ngantor saya kirim dia bubur dan lauknya. Walaupun kos saya punya blender, kado ultah dari saudara sel Santa Theresia Lissieux, miss you a lot guys.

Kali ini karena banyak kegiatan masakannya biasa aja, sampai hubby protes, dulu pacaran waktu types masakannya enak-enak, hmmm ok lha, akhirnya saya mulai masak sesuai request nya, tapi ada menu yang ngga kefoto, jadi yang saya tulis hanya yang terfoto aja ya.

Karena bingung menu apa lagi yang bisa dimakan semua anggota keluarga, akhirnya saya mencoba buat bakmoy, jujur buat saya ini pertama kami saya masak bakmoy, karena memang saya biasa aja, ngga terlalu gemar dengan bakmoy, tapi ternyata setelah saya makan, rasanya enak juga kok, dan rasanya saya mau kok mengulangnya. Cap cus ke resepnya ya.

Bahan:
½ bagian dada ayam, tulangnya saya rebus, kulit saya buang. Saya giling daging dada ayamnya, ada juga yang daya ayam direbus dan dipotong kotak-kotak baru kemudian dipotong kotak-kotak untuk ditumis dengan bumbu.
4 siung bawang putih, cincang
2 cm jahe, kupas dan geprek (bisa skip, karena banya resep yang tidak menggunakan jahe)
1,5 sdt garam
Sedikit merica
1 sdt gula
1 sdm kecap asin
3 sdm kecap

Cara buat:
  1. tumis bawang putih dan jahe lalu masukkan ayam (bisa ayam giling atau ayam rebus yang sudah dipotong kotak)
  2. masukkan bumbu bumbu
  3. tambahkan segelas air kaldu dan didihkan sebentar lalu masukkan ke kaldu ayam, masak hingga matang (saya tambahkan tofu untuk tambahan protein nabati).

pelengkap:
  • telur rebus polos atau telur pindang (geprek bawang putih, bawang merah sedikit laos dan selembar daun salam, beri gula, garam, kecap, masak sampai meresap, sekitar ½ - 1 jam dengan api kecil)
  • gorengan udang, udang ¼ kg kupas bersih + 1 siung bawang putih+ seujung sdt garam, giling halus + 1 butir telur + merica sedikit saja + 1-2 sdm tepung terigu, goreng memanjang, setelah dingin tinggal digunting-gunting dan ditabur di piring sebelum disiram kuah
  • sambal petis: tumis gilingan 1 bawang putih  dan Lombok rawit + petis yang enak, beri sedikit air dan masak hingga kental

penyajian:
nasi putih diberi ayam dan potongan udang, telur rebus/pindang dan sambal petis, lebih nikmat disajikan dengan kerupuk udang dan jangan lupa taburi bawang goreng, seledri dan daun bawag yang diiris tipis untuk menambah rasa segar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar