Jumat, 23 September 2016

Parakan trip

Tak terasa sudah 1 tahun kepergian mama (mertua), waktu begitu cepat bergulir. Selama persiapan, kami membelikan tas spunbound dan saya menyiapkan kue kering untuk isian kotak berkat, karena tidak memungkinkan bagi saya memasak dan buat kue di rumah. Sebenarnya 1 tahunnya tepat di tanggal 14 September 2016 tetapi karena tg 12 September tgl merah untuk Hari Raya Idhul Adha, dan cuti yang terbatas (maklum 2 anak dan 2 menantunya masih kerja sebagai pegawai, bukan wiraswasta), saya usul agar dimajukan ke tgl 13.09.2016 (menurut tanggalan jawa bila lewat dari jam 4 sore terhitung hari berikutnya, sehingga tidak apa bila dimajukan. Setelah nego dengan romo paroki dan lingkungan, akhirnya doa bisa diadakan tg 13 yang lalu ( puji Tuhan, karena awalnya tidak bisa harus tg 14 nya, udah terbayang capeknya tg 15 karena harus balik ke Surabaya).

Karena Idul Fitri yang lalu kami tidak banyak bepergian dan jalan-jalan, kami sepakat mau berlibur bersama kali ini, selagi ada kesempatan dan liburnya lumayan panjang. Saya pribadi ingin sekali melihat Patung Bunda Maria tertinggi yang ada di Gua Maria Kerep, Ambarawa (sebenarnya sudah diajak oleh alm mama mertua sudah lama). Singkat cerita kami berangkat sabtu, 10.09.2016 subuh, dengan pertimbangan beberapa kali kami berangkat malam dengan driver, driver ngantuk dan sangat membahayakan, dan kami tidak mau lagi ambil resiko yang sama. Kami akhirnya melalui rute biasa melalui Jombang, sambil jemput driver dan lanjut.
di cimory, semarang

Karena junior sudah sering sekali ajak ke Kebun Binatang, akhirnya diputuskan mampir ke Cimory di Ungaran, Semarang karena ada mini zoo di sana. Lumayan murah hanya 10 ribu/orang dan mendapat produk juga. Di sana ada beberapa hewan seperti: sapi perah tentunya, rusa, kura-kura, ikan arapaima yang sangat besarrrrrr, aneka unggas, kelinci, dan beberapa tanaman seperti: Lombok, padi, tomat, daun bawang. Ada juga beberapa mainan di sini yang dimodel seperti playground yang pastinya anak kecil suka. Kami makan siang di sini juga, rasanya enak dan tempatnya juga nyaman karena sejuk udaranya.
patung di gua maria kerep ambarawa

Lanjut kami ke Gua Maria Kerep, Ambarawa yang hanya berjarak sekitar 30 menit saja naik mobil. Sungguh saya takjub melihat patung Bunda Maria yang buesarrrrr dan saya tidak menyesal menyempatkan ke sana. Kami, juga tidak lupa berdoa di gua Maria nya, dan kegiatan favorit junior adalah menyalakan lilin. Dan kami juga sedikit foto-foto di beberapa patung yang menggambarkan peristiwa-peristiwa yang dialami Yesus, dan menurut saya patungnya bagussss dan dibuat seukuran manusia. Dan kami lanjut ke rumah. Dan semua anak cucu tiba di hari yang sama, sabtu, 10.09.2016 dari Surabaya, Bandung, dan Bali.

di makam
Karena capek, di hari minggu kami hanya di rumah dan istirahat saja di rumah, tidak pergian. Senin saat hari raya Idhul Adha, kami meluangkan waktu ke makam, kami berangkat pagi dan seperti biasa ada ritual membersihkan makam, sedangkan anak-anak main-main dll. Junior sibuk bersih-bersih, ikutan nyapu dll, gapapa biar ngga bosan. Pulang dari makam sekitar jam 10 an dan langsung bergantian mandi (maklum pagi pada belum mandi), dan baru selesai mandi jam 11 siang lebih dan kami langsung meluncur untuk makan siang sambil bermain karena ada anak-anak. Anak-anak sudah nyemil roti, susu sehingga perut tidak lapar dan tentunya “F” tidur di mobil. Kami balik lagi ke kampung Rawa, Ambarawa (ke-2 kalinya ke sini), karena di sini menunya lumayan disukai papa dan ada mainan yang disukai anak-anak.

asik kasih makan ikan
Kali ini kami makan di rumah makan apungnya, duduk lesehan di atas kolam ikan. Dan agar tidak bosan saya beli pakan ikan, supaya bisa kasih makan ikan sambil menunggu makanan datang. F suka sekali memberi makan ikan, melihat ikan di bawah pada berebut pakan sambil ketawa-ketawa dia. Dan sambil menunggu makanan, main lah kita sama Galuh sepupunya, anak Ako Dessy 9adik eko no 2. Naik kereta kelinci dan naik andong. Setelah main diajak ke tempat makan masih maksa mau main, hmmm. Setelah makan kembali main, kali ini dia sudah ajak papinya naik ATV dan diajak pulang ngga mau, akhirnya main lagi mobil yang dikayuh lagi-lagi sama Galuh, baru kita pulang. Ya setidaknya kami bisa pergi lengkap, sungguh langka kesempatannya.

naik andong sebelum pulang
Keesokan harinya, selasa, 13.09.2016 bagi-bagi nasi kotak ke tetangga dan sorenya misa di gereja. Saat misa banyak sekali makanan yang lebih, sehingga harus dibagi-bagi ke orang lain, kan sayang kalo dibuang mubazir.

tumbenan mau difoto di rumah mak sebelum pulang
keriuhan saat para cucu berkumpul

Rabu, 14.09.2016 kami foto keluarga, selagi ada kesempatan, kaget juga papa mau diajak foto bersama. Sehabis foto karena sudah siang kami makan siang dulu baru balik. Keluarga kami dan keluarga dari bandung kita mau menginap di Jogja sekaligus berlibur selagi bisa bersama, secara kami jarang sekali bersama. Karena belum booking hotel dan kami datang ke beberapa hotel akhirnya kami memutuskan menginap di hotel New Saphir yang bersebelahan dengan Lippo Mall, hotelnya bintang 4, sungguh nyaman dan pelayanan para pegawai sungguh berbeda jauh dibandingkan dengan hotel bintang 3.

Setelah check im kami langsung ke kamar dan begitu melihat tempat tidur langsung lompat ni si junior, tampaknya dia cukup mengerti cara menikmati hotel dan saat ke kamar mandi yang dilengkapi bath tub, langsung aja minta berendam. Lalu saya dan junior ke mall untuk beli makan (ayam goreng) dan dimakan di kamar, habis makan balik ke mall main di Timezone, padahal di Surabaya juga banyak, tapi kali ini main bersama dengan sepupu, Galuh, lalu sambil beli beberapa snack kami balik hotel dan istirahat. Biar terasa ke Jogja, saya yang sudah bercita-cita ingin makan angkringan, tapi apa daya ada anak kecil yang sudah waktunya tidur jadi hanya order lewat gojek, gimana gitu rasanya, padahal angkringan yang seru saat milih makanan nya.

Keeseokan harinya breakfast dengan berbagai makanan khas Jogja. Sebenarnya sudah janji mau berenang tapi karena tampaknya anaknya sudah mau sakit dibatalkan malah main di bathtub bersama galuh sebentar lalu lanjut balik deh kita ke Surabaya. Walaupun hanya semalam di Jogja dan ngga kemana-mana lumayan kita dapat menikmati fasilitas hotel dan istirahat sambil playdate.

Sudah ngga sabar ingin liburan berikutnya, ke mana lagi ya enaknya….