Jumat, 09 Januari 2015

Resep babi kecap


Begitu banyak makanan enak resep keluarga yang hilang karena saya belum sempat belajar. Dan saya sangat menyesal saya belum sempat belajar banyak dari mami saya untuk berbagai resep kue dan masakan. Agar perasaan saya tidak dialami oleh orang lain saya mau berbagi beberapa resep Keluarga siapa tahu ada yang membutuhkan.  Babi dimasak Kecap tepatnya bagian perutnya/sancam adalah  satu masakan Chinese yang mudah dibuat tetapi rasanya enakkk dan tentunya menu ini cukup jadi idola di Keluarga kami. berikut detailnya.

bahan:
1/2 kg sancam
1/4 kg daging babi

bahan tambahan: (bisa digunakan bisa juga tidak)
telur rebus
kentang goreng

bumbu  & cara  memasak versi 1: (mami saya)
8 siung bawang putih
1/2 sdt merica
1 sdm kecap asin
8 sdm kecap manis
3 sdm gula
2 sdt garam
1 sdm ang ciu (arak cina/arak beras) opsional
1 sdt minyak wijen opsional
3 buah pekak (star annise/bunga lawang) --> ada yang menggunakan, tetapi saya tidak menggunakan


  1. tumis bawang putih yang sudah digeprek dan dicincang sampai harum lalu masukkan potongan daging (biasanya dipotong kotak-kotak, dan untuk bagian sancam dipotong panjang dan tiap potongan terdiri dari tiap lapisan (kulit luar, lemak dan daging), sambil diaduk maka daging akan mulai berubah warna dan minyak akan keluar sedikit , sedikit

    2. masukkan bumbu-bumbunya sambil sesekali diaduk
        akan tampak air dan minyak semakin banyak keluar dan daging semakin kesat.

    3. tambahkan air sekitar 750 ml

    4. rebus dengan api kecil sampai air menyusut dan kuah mengental

    5. sambil masukkan bahan tambahan (bisa digunakan bisa tidak)

    6. cicipin agar sesuai dengan selera, rebus sekitar 1 jam dengan api kecil.

    7. siap  disantap dengan nasi hangat nyammmmm

bumbu  & cara  memasak versi 2: (mertua saya)
4 siung bawang putih
8 siung bawang merah
1 sdt ketumbar
1/2 sdt merica
1 sdm kecap asin
8 sdm kecap manis
3 sdm gula
2 sdt garam
4 buah cengkeh

tumis bawang putih, bawang merah, ketumbar  yang sudah dihaluskan sampai harum lalu masukkan potongan daging (biasanya dipotong kotak-kotak, dan untuk bagian sancam dipotong panjang dan tiap potongan terdiri dari tiap lapisan (kulit luar, lemak dan daging), sambil diaduk maka daging akan mulai berubah warna dan minyak akan keluar sedikit sedikit
cara memasak selanjutnya sama dengan di atas.

selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar