Selasa, 27 Oktober 2015

Playdate with Noel

Setelah dari tumpang  10-11 Oktober 2015 yang lalu tg 14.10.2015 adalah hari libur untuk Tahun baru Islam (masuk bulan Sura). Karena sudah lama ingin pergi bersama Noel akhirnya janjian deh dengan Noel, teman sekolah dan teman daycare Felix dari usia 3 bulan.

Awalnya mau ke Grandcity ada acara robo vs dino, tapi karena tiket hari libur lebih mahal dan toh memang belum seberapa paham anaknya akhirnya putar haluan pergi ke KBS (Kebun Binatang Surabaya), ini adalah kunjungan Felix ke2 ke KBS tapi tentunya suasana berbeda karena anaknya lebuh besar sehingga lebih bisa menikmati dan kami pergi bersama sahabatnya.

Begitu melewati pintu gerbang tampak antrian para pembeli tiket masuk saya sudah pengen ngga jadi aja, males kruntelan di dalam, ternyata setelah  masuk tidak seramai yang saya bayangkan kok.

Kami masuk dan mulai jalan perlahan, yang pertama dilihat adalah ada beberapa kandang burung dan beberapa jenis monyet, lalu lanjut rusa dan kambing gunung. Begitu melihat rusa, Felix sudah ingin memberi makan rusa karena sudah 2 kali dia ke Kebun Bibit Surabaya yang di ngagel dan memberi makan rusa.

Kemudian lihat beruang madu dan harimau, antusias sekali saat di depan kandang harimau sambil menirukan suaranya “haummm” wkwkwkwk. Lucu sekali ekspresinya, ingin sekali dia cerita tapi tampaknya masih terbatas kata-katanya sehingga jadi bingung dan terbata-bata.

naik perahu bebek
Sambil jalan kami akhirnya sampai di arena air dan kami naik kapal bebek yang dikayuh (kapal sepeda). Mungkin karena terlalu berat yang naik akhirnya jalannya lambat sekali dan berulang kali nabrak karena tidak bisa belok, akhirnya dijemput oleh petugas, daripada ini kapal ngga kepakai padahal yang antri banyak malah tidak menghasilkan. Para papa capai kayuh mamanya sibuk ketawa-ketawa. Di kolam ternyata ada kura-kura banyak sekali dan anak-anak memberi makan kacang lucu sekali.

kasih makan kura kura, yang hitam2 di permukaan air itu kepala kura kura
melihat banteng

Lanjut ke area singa, harimau, banteng, kuda nil dan gajah. Mau naik gajah tapi antri bukan main dank arena sudah jam 12 siang akhirnya kami memutuskan pulang saja karena anak-anak perlu makan siang. Kami meninggalkan KBS untuk makan siang di bakso Solo Rindu Malam, Jl Ciliwung 123 yang tenar (saya sendiri baru pertama kali ke sini padahal sudah 15 tahun saya di Surabaya), makan sambil ditemani keroncongan. Budaya yang perlu dilestarikan. Dalam perjalanan pulang anak-anak sudah tidur pulas. Kelak kita perlu pergi lagi nih.

KBS ini sudah ada sedari saya kecil dan saya senang sekali berlibur ke KBS, saya tiap ke KBS selalu membeli es krim cone, sebenarnya saya tidak ingat, saya hanya ingat dari cerita mami saya. Kesan ke-2 kali ke KBS sudah banyak perubahan lebih baik dalam hal standar hidup para hewan, saat pertama kali saya ke KBS kondisi hewan sangat mengenaskan, tidak terawatt, kurus, kandang kotor, tetapi setelah kemarin datang lagi kondisinya lebih baik. Trimakasih para pegawai Pemkot untuk perbaikan KBS dan semoga bisa lebih baik lagi.

Pendapat saya pribadi KBS harus tetap ada sebagai hutan kota sehingga udara tidak terlalu panas. DI dalam KBS yang banyak pohon besar walaupun panas tetapi sejuk karena rindang. KBS juga menjadi daya tarik wisata kota Surabaya yang terjangkau oleh semua kalangan, tiketnya 15.000, bila KBS dirubah menjadi mall mau kemana anak-anak belajar aneka satwa? Apakah harus ke luar kota, Taman Safari Prigen, atau Secret zoo, Batu yang lebih jauh dan lebih mahal? Mari kita semua juga belajar peduli dengan apa yang ada di sekitar kita, misal buang sampah di tempatnya, dll.