Senin, 16 Mei 2016

sambal terasi +jeruk nipis


Sabtu tg 14 Mei yang lalu saya off, dan  jujur saja tiap off saya punya keinginan yang besar untuk makan sambal/lalap. Kali ini pengen ikan laut, sebenarnya pengen ikan panggang dan belimbung wuluh, namun apa daya ngga dapat saat di pasar.

Walau makan sederhana, tetapi lahap banget, apalagi lihat hubby makan banyak sampai nambah-nambah happy banget. Saya sendiri, sedang ingin makan yang sederhana tapi nikmat, dan yang membuat nikmat memang bukan mahalnya makanan tetapi dengan siapa kita makan dan bagaimana menikmati makanan yang disantap.  Buat saya sendiri, ini mengingatkan saya pada kenangan masa sekolah saya, saat saya bisa makan siang di rumah dengan mami saya, jujur, ini pengalaman langka buat saya, karena beliau juga bekerja. Jarang sekali, mami saya bisa duduk makan bersama, karena beliau lebih sering sibuk di dapur dan mempersiapkan makanan. I love her so much, till can not say in words.

Langsung saja ke pembuatan sambalnya:

Bahan sambal:
10 buah lombok/cabe keriting atau bisa juga menggunakan cabai besar (cabe keriting lebih pedas rasanya)
3 buah Lombok rawit, bisa disesuaikan dengan selera
Seujung sendok the garam
½ sdt gula
Terasi goreng / panggang
1 buah jeruk nipis

Pelengkap:
Aneka sayur bisa mentah atau rebus, saya menggunakan sayur selada air yang direbus, setelah direbus tinggal disaring dan diperas
Cocok dengan ikan goreng atau ikan panggang (saya menggunakan ikan barracuda goreng dan ikan panggang pari / pe yang saya goreng untuk membuatnya benar-benar masak
Kerupuk, wajib buat saya
Nasi putih hangat yang banyak ya

Cara membuat:
  1. cuci bersih semua Lombok dan patah-patahkan sekitar 1-2 cm
  2. ulek kasar + garam dan gula, ulek hingga halus + terasi
  3. tambahkan perasan jeruk nipis, cantik juga bila sisa perasan jeruk ditinggalkan di cobek
  4. terakhir penyet lauknya / ikannya dan siap disantap

dijamin nagih makan yang begini, beneran lupa diet, sampai berkeringat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar