Rabu, 28 Desember 2016

Ontbijtkoek

Entah kenapa beberapa hari ini lagi kepingin makan ontbijtkoek, salah satu cake warisan Belanda dengan aroma bumbu spekuk (campuran kayu manis dan rempah lain). Beberapa kali beli di bakery tapi ngga ada yang cocok. Saya mencari ontbijtkoek yang lembut (bukan yang berat) dengan kenari di atasnya. Menurut sejarahnya sih, biasanya orang Belanda makan kue ini untuk menemani minum teh saat pagi atau sore hari. Ini salah satu kue kuno, aroma spekuk kira-kira seperti kukis merk spekulaas.

Dan karena pagi ini tidak ada pesanan dan susah beberapa hari ngga buat cake, ada telur lebih di rumah, bangun pagi, langsung saja memutuskan buat saja, resep dari @tintinrayner, salah satu baker yang saya kagum dengan kegigihannya trial resep, share resep, dan fotonya yang menggugah selera untuk segera dimakan. Dan pagi tadi saya buat dengan sedikit modifikasi di resepnya menjadi sbb:


ONTBIJTKOEK
Bahan-bahan :

  • 6 kuning telur
  • 3 putih telur
  • 100 gram gula aren bubuk/gula semut
  • 30 gram gula pasir
  • 90 gram tepung terigu protein sedang (all purpose flour)
  • 10 gram susu bubuk
  • 1,5 sdt bumbu spekoek (peres/rata)
  • 80 gram margarin/butter, lelehkan
  • Almond slice/kenari untuk taburan
Cara membuat:
  1. Kocok telur, gula aren bubuk, gula pasir hingga mengembang, kental dan berjejak. 
  2. Masukkan campuran tepung terigu, susu bubuk dan bumbu spekoek yang sudah diayak secara bertahap. Aduk rata.Masukkan margarin/butter leleh. Aduk balik hingga merata.
  3. Tuang ke loyang ukuran 22x22 cm tinggi 7cm yang sudah dialas kertas roti dan dioles margarin. Taburi almond/kenari.
  4. Panggang dalam oven suhu 180'C hingga matang (sekitar 30 menit). Test sentuh dan test tusuk. Angkat dan segera keluarkan dari loyang. Dinginkan.
Saya puassss dengan rasa kuenya, tepat seperti harapan saya, dan saya habis 4 potong langsung di pagi hari, lupakan diet untuk hari ini. entah kapan mau trial resep lain. Yang mau coba buat, silahkan, prosesnya cepat dan tidak terlalu susah kok.


The contents of this email (including any attachment) are confidential and privileged and only intended for the recipient(s) addressed above. If you received this email by error, please notify the sender immediately and delete the email (and all attachments) from your mail box without reading, storing and/or disseminating any of its contents (in any form) to any person. If you are not the intended recipient, please be informed that any dissemination, distribution, copying of this message, or any attachment is strictly prohibited.
  ­­  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar