Senin, 23 Maret 2015

home made pizza


Bahan-bahan

Tepung Terigu 180 gram
Ragi 1 sendok teh
minyak zaitun/ minyak sayur 2 sendok makan
Garam 1 sendok teh
saus spagheti 3 sendok makan
Daging giling tumis 1 sdm
Saus Tomat 1 sendok makan
Gula Pasir 1 sendok teh
Paprika Merah secukupnya
Sosis Sapi 2 buah
Keju Cheddar
secukupnya
melted cheese secukupnya

Cara membuat

1. Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu dan garam, aduk rata. Masukkan larutan ragi, minyak makan, aduk hingga semua bahan tercampur dan jadi adonan yang kasar, lembek sedikit basah. Tutup mangkuk dengan kain, biarkan di suhu ruang selama 1 jam hingga mengembang. Masukkan adonan ke kulkas dan biarkan 1 - 2 jam lagi dalam posisi tertutup kain. Adonan boleh disimpan dlm kulkas maksimal maks 7 jam. katanya semakin lama semakin bagus adonannya. Saya cuma sampai 2 jam :D seteah dikeluarkan dari kulkas adonan telah mengembang sempurna siap di topping dan di panggang.
2. Sambil nunggu adonan roti yang didiamkan, siapakan bahan-bahan saus dan topping. Untuk Saus, aduk saus spaghetti, saus sambel, saus tomat, gula pasir. Kalau mau lebih pedas bisa di tambah saus sambel sesuai selera. Untuk topping, potong2 paprika, sosis dan parut keju (biasanya untuk keju saya parut lagsung di atas pizza yg siap di oven). Topping sesuai selera, apapn bisa dtambahkan, salami, telur, jagung, dll.
3. Setelah keluar dari kulkas, lebarkan adonan di atas loyang. Bila ingin hasil bagus saat menggilas adonan, taruh di meja yang ditaburi tepung. Lalu taruh di Loyang yang sudah dioles minyak sayur/minyak zaitun. Beri topping sesuai selera, panaskan oven  suhu 200 C dengan api bawah.
4. ratakan campuran saus di atas adonan. tata potongan paprika dan sosis. Kalo mau tambahkan topping2 lain juga bisa, sesuai selera dan budget. Setelah selesai atur topping, parutkan keju di atas pizza
5. Panggang sampai 20 menit. Atau sampai roti kecoklatan dan matang.

Bila tidak mau menggunakan saus spaghetti instan:
Tumis bawang putih cincang dan bawang bombai yang sudah dirajang halus, tambahkan daging giling, masak hingga setengah matang (berubah warna), lalu tambahkan saus tomat (pasta tomat bila ada), gula garam, merica (lebih enak dengan merica hitam), oregano. Tambahkan sedikit air dan masak hingga mengental dan siap digunakan.
With some modification source from: https://dapurmasak.com/resep/pizza-mudah-buat-si-malas-3410

resep adonan/dough di atas cocok untuk yang suka pizza dengan kulit yang mengenyangkan. Saya sendiri lebih suka kulit yang empuk seperti roti, caranya: uleni 300 gram tepung terigu protein tinggi, 2 sdm gula, 180 ml air, 1/2 bks ragi (1 bks 11 grm), uleni hingga kalis. Setelah kalis tambahkan 1/2 sdt garam, 2 sdm olive oil, 1 sdm butter lalu diuleni hingga kalis. Jangan lupa dibanting-banting. Kemudian adonan diistirahatkan selama 1 jam sebelum dipanggang. Adonan bisa jadi 2 pizza ukuran besar, jadi adonan bisa disimpan di lemari es. Adonan kulit ini enak banget, penuh aroma karena ada olive oil dan butter. Selamat mencoba

Sabtu yang lalu, bertepatan dengan Hari Raya Nyepi, kami nyepi di rumah, dan saatnya untuk saya untuk trial kue yang sudah lama sekali tertunda. Butuh tekad ekstra karena yang paling  tidak saya sukai saat membuat kue dengan basis roti adalah pada saat membuat adonan, karena harus mengeluarkan tenaga ekstra. Pada saat saya membuat adonan dan mulai membantingnya, Felix cukup terkejut dan memandang saya, dikira saya marah.

Saya sendiri cukup puas dengan trial kali ini. Rasanya enak dan cocok dengan lidah saya, saya sendiri lebih suka dibentuk calzone (seperti pastel) isinya di tengah sehingga tidak kering.

Sebenarnya membuat pizza, karena pagi saat sarapan saya membuat spaghetti dan ada saus yang lebih. Itupun saya menggunakan saus spaghetti instan. Lumayan, rasanya saya cocok kali ini. Resep pizzanya akan saya coba lagi lain kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar